Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Selamat Datang di STUDENTS HACKER Tempat Belajar Bersama Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Meningkatkan Keamanan Saat Berinternet

Tips kali ini akan menguraikan bagaimana cara meningkatkan keamanan saat berinternet, khususnya dalam manajemen password. Kita sering memasukkan password untuk berbagai tujuan tertentu, misalkan untuk masuk ke akun email, melakukan chatting dan sebagainya. Tapi tahukah anda bahwa password yang anda masukkan dapat disadap dengan mudah?
Hampir semua orang memasukkan password melalui keyboard (diketik melalui keyboard), tapi perlu anda ketahui bahwa tiap huruf / karakter yang kita ketikkan melalui keyboard dapat disadap / dilacak dengan alat tertentu yang dinamakan Keylogger. Keylogger adalah sebuah teknologi yang memungkinkan untuk merekam setiap huruf / karakter yang dimasukkan melalui keyboard.
Agar password kita aman dan tidak dapat dilacak, ada satu cara yang cukup efektif yakni memakai Virtual Keyboard. Windows sudah menyediakan fasilitas Virtual Keyboard yang dapat diakses melalui Start - All Programs - Accessories – Accessibility - On-Screen Keyboard. Akan muncul sebuah gambar yang tampilannya mirip dengan keyboard. Kita bisa memasukkan huruf / karakter melalui mouse, bukan dari keyboard.
Jika kita hendak memasukkan password, 'sangat disarankan' memakai fasilitas ini karena program keylogger tidak akan mampu merekam password. Ini dikarenakan kita tidak lagi menggunakan keyboard melainkan melalui Virtual Keyboard. Hal ini sangat bermanfa'at jika kita sering melakukan transaksi jual beli lewat internet, melakukan transfer uang dan sebagainya. Apalagi jika kita sering menulis nomor rekening, nomor kartu kredit dan sebagainya, program Virtual Keyboard akan sangat membantu anda dalam menjaga keamanan di internet. Untuk membuat password yang bagus dan aman bisa anda lihat pada artikel Tips Membuat Password yang Bagus dan Aman .
Trik-trik lainnya untuk meningkatkan keamanan saat berinternet dapat dilihat pada pembahasan berikutnya.