Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Selamat Datang di STUDENTS HACKER Tempat Belajar Bersama Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Tips Untuk yg kesehariannya didepan Komputer

Pemakaian komputer dan perangkatnya yang terus menerus/berulang-ulang ternyata dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada otot, dan dapat meningkatkan cedera dalam. Maka dari itu postur tubuh dan posisi pada saat menggunakan komputer menjadi hal yang penting. Tips berikut, ditujukan untuk membuat kerja yang ENASE dan meminimasi cedera dalam.
Pertahankan postur yang baik ketika bekerja. Duduk dengan tidak membungkuk, usahakan duduk pada kursi yang memiliki sandaran kursi. Usahakan posisi lutut rata/lebih rendah dari paha, usahakan telapak kaki menapak pada lantai.
Usahakan Siku tangan anda membentuk sudut terbuka (100° to 110°) dengan pergelangan tangan. Kemiringan keyboard dapat membantu anda dalam memperoleh posisi tangan yang baik. Apabila posisi duduk anda tegak, maka negative tilt (bag depan keyboard lebih tinggi dari bag belakang) membantu ketika bekerja. Tetapi bila anda berbaring, maka posisi positive tilt (bag depan lebih rendah dari bag belakangnya) bisa jadi akan lebih membantu.

Hindarkan gerakan terlalu mencari. Usahakan posisi mouse dengan keyboard berdekatan.
Letakkan monitor tepat di depan anda. Yaitu pada jarak jangkau tangan anda dan posisi monitornya 2 inch/3 inch lebih rendah/tinggi dari jarak lurus pandangan mata anda. Anda harus dapat melihat layar monitor tanpa harus memutar dan memiringkan kepala anda ke atas/ke bawah.
Letakkan dokumen yang akan diketik tepat dihadapan anda
Gunakan teknik mengetik yang baik. Yaitu dengan meletakkan pergelangan tangan dan jari di atas keyboard (di Indonesia dikenal dengan mengetik 10 jari) dan usahakan pergelangan tangan anda tetap lurus ketika mengetik.
Tekan tombol keyboard dengan kekuatan yang rendah.
Atur computer settings anda. Seperti screen font, contrast, pointer size, speed, dan color senyaman yang anda rasakan.
Minimasi adanya silau. Letakkan monitor anda jauh dari sinar yang menyilaukan (seperti: jendela). Gunakan optical glass glare filter jika dibutuhkan.
Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata anda. Sesekali pandanglahn sesuatu yang letaknya jauh dari monitor anda, seperti memandang halaman rumah anda.
Bekerjalah dengan menyelingi istirahat pada beberapa menitnya. Misalnya setiap 1 jam beristirahat 5 menit, untuk sekedar mengambil minum atau melakukan perenggangan badan. Bisa juga dengan berdiri dan berjalan-jalan disekitar tempat kerja